Thursday, August 2, 2012

Watu Lumpang

Kota Batu menyimpan banyak peninggalan sejarah masa lampau. Salah satu situs purbakala yang belum banyak dikenal oleh masyarakat adalah Situs Watu Lumpang. Situs ini terletak di Dukuh Sawahan, Desa Beji, Kota Batu. Watu Lumpang berada di bawah rerimbunan rumpun bambu di tepi sungai yang menjadi batas Desa Beji dan Desa Torongrejo.



Biar pun lokasi Watu Lumpang ini di tepi jalan desa, keberadaannya luput dari perhatian orang yang sedang berlalu-lalang. Papan penanda sebagai tempat cagar budayapun belum ada. Sesekali pada hari-hari tertentu tempat ini ada yang mengunjungi. Hal ini dapat kita simpulkan dengan adanya taburan bunga atau batang-batang hio yang tertancap di sekitar Watu Lumpang. Bentuk tinggalan ini mirip kue donat, diameter terlebarnya 120 centimeter dan tingginya 35 centimeter. Di bagian tengah terdapat cekungan berbentuk tabung dengan diameter 24 centimeter dengan kedalaman 20 centimeter. Tidak ada referensi yang dapat dipakai untuk mengetahui dengan persis kegunaan benda ini.





Watu Lumpang di Desa Beji ini mirip dengan Watu Lumpang koleksi Museum Mpu Purwa, Malang. Malahan ukuran Watu Lumpang dari Desa Beji ini lebih besar.



Lokasi  :
Dukuh Sawahan, Desa Beji, Kota Batu
Buka :
-
Tarif masuk :
-
Fasilitas :
-
Rute menuju ke Situs Watu Lumpang :
Dari Kota Malang : jarak 15 kilometer

Jalan raya Malang-Batu – Hotel Singhasari Resort (Desa Beji) –belok kanan ikuti jalan desa jurusan Torongrejo sejauh 650 meter – Situs Watu Lumpang berada di bawah rumpun bambu sebelah kiri jalan
Dari Kota Batu : jarak 5 kilometer
Jalan raya Malang-Batu – Hotel Singhasari Resort (Desa Beji) –belok kiri  ikuti jalan desa jurusan Torongrejo sejauh 650 meter – Situs Watu Lumpang berada di bawah rumpun bambu sebelah kiri jalan

Источник: http://pesonamalangraya.com/?p=888

1 comments:

yosep said...

di Ponorogo banyak

Tuesday, November 15, 2022

Post a Comment