Wednesday, August 8, 2012

Beli Tiket KA Tidak Harus di Loket

Klojen, MC – Bagi calon penumpang kereta api yang ingin membeli tiket dengan cepat dan enggan mengantri kini mendapat kemudahan, karena PT KAI saat ini memberikan kemudahan membeli tiket melalui online. Calon penumpang bisa memesan melalui website www.kereta-api.co.id untuk kelas eksekutif dan bisnis. Untuk tiket kereta api ekonomi bisa melalui non-stasiun online. Antrian dan menumpuknya calon penumpang di stasiun seperti ini tidak akan terjadi lagi jika sebagian besar calon penumpang memesan tiket via online.
 
Hal itu disampaikan oleh Kepala Stasiun Kereta Api Kotabaru Malang, Lutfi Wijaya, Sabtu (04/08/2012). Lutfi menambahkan, untuk tiket kereta api ekonomi jarak jauh yang biasanya dibeli di stasiun online, kini juga bisa di dapat melalui gerai minimarket dan agen tiket. “Jadi untuk mendapat atau membeli tiket tidak harus datang ke loket yang ada di stasiun,” ujarnya.

Semua fasilitas dan kemudahan itu, lanjutnya, tidak lain adalah untuk mempermudah, mendekatkan dan memberikan pelayan yang terbaik kepada calon penumpang kereta api. “Melalui pemesanan tiket online ini, calon penumpang juga dapat mengetahui jadwal pemberangkatan kereta api yang hendak dinaiki. Sehingga, selain tidak usah bingung mengantri di loket, calon penumpang dapat menyesuaikan jadwal perjalanannya,” jelasnya.

Saat membuka situs itu, kata dia, setelah calon penumpang mengisi data diri dengan lengkap pada form yang tersedia, pemesan akan mendapatkan kode booking dan setelah itu bisa melakukan pembayaran melalui mesin ATM. Sedangkan perbankan yang melayani pembayaran ini yaitu Bank Mandiri, BII, BNI, BRI, BCA, NISP, CIMB Niaga, BPD DIY, Panin,dan BPR-KS.
Lebih lanjut Lutfi menyampaikan bahwa pembayaran tiket ini juga bisa lewat mini market Alfamart, BCA Klik Pay atau menggunakan kartu kredit VISA/Master Card.”Setelah melakukan pembayaran tersebut, nantinya calon penumpang akan mendapat kode pembayaran yang bisa langsung ditukarkan dengan tiket kereta api di loket yang ada di stasiun,” urainya.

Sedangkan cara pembelian tiket kereta api secara online ini setelah membuka atau masuk ke website tadi, pemesan langsung memilih jadwal perjalanan dan memasukkan tanggal keberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan, kelas kerepa api yang dipilih dan kode verifikasi. Setelah itu pilih jenis kereta api dengan meng-klik tombol atau menu yang bertuliskan ‘booking’.

Lankah selajutnya yaitu berikan tanda checklist pada kolom syarat dan ketentuan setelah muncul form atau halaman reservasi kereta api, lalu pilih icon yang bertuliskan booking. Ketika muncul form info perjalan, maka pemesan mengisi data lengkap pada form tersebut dan masukkan kode verifikasi dan klik icon selanjutnya atau next. Setelah meng-klik icon next, maka akan muncul icon info perjalanan dan info harga berdasarkan data yang kita masukkan.

Sebelum melanjutkan ke menu berikutnya, hendaknya periksa kembali data kita yang ada pada menu info pejalanan dan info harga dan pastikan data tersebut sudah benar. Jika sudah benar, maka langkah berikutnya adalah pilih tipe pembayaran lalu klik selanjutnya. Semua data yang kita masukkan akan tersimpan di server dan nantinya akan muncul form konfirmasi data pemesanan. Langkah terakhir yaitu klik Print Pemesanan.

Pada hari raya mendatang, pihak PT KAI menyediakan kereta api khusus lebaran, terutama untuk kereta api jarak jauh. Bagi calon penumpang tidak perlu khawatir untuk tidak dapat kereta, karena hingga saat ini persediaan masih banyak, baik dari Surabaya maupun Malang. (say/dmb)

0 comments:

Post a Comment