Wednesday, August 8, 2012

Mak Edrek Go Internasional

Klojen, MC - Kayanya khazanah budaya di Kota Malang ternyata mendapat apresiasi dunia internasional. Salah satunya adalah tari Mak Edrek. Tari yang bercerita tentang kejujuran seorang buruh ini akan dipentaskan oleh Dewan Kesenian Malang (DKM) di Kota Budapest, Hungaria. Personel tari mak edrek berfoto di Bundaran Tugu Kota Malang.
 
Pemimpin Malang Dance Company, Winarno Ekram membenarkan tari Mak Edrek adalah salah satu tari yang akan dipentaskan di Hungaria. Pada acara yang akan dilangsungkan Desember 2012 nanti, tim dari Kota Malang akan mementaskan sebanyak empat kali.
“Bisa tampil di Hungaria adalah sesuatu yang intimewa, karena itu kami mempersiapkan tari Mak Edrek sebagus mungkin agar bisa semakin memperkenalkan Kota Malang di ajang internasional,” jelas Winarno, Jumat (3/8).

Winarno menyebutkan tari Mak Edrek sendiri menceritakan tentang batur atau buruh yang jujur dan ikhlas namun gaya. Selain tari Mak Edrek, rencananya kelompok tari binaan DKM Kota Malang ini juga membawakan tari Jaran Monelan, Sendratari Panji Krama, dan tari Bedayan Puspa Nareswari.
Mengingat kesempatan Desember tampil di Hongaria nanti adalah kesempatan pertama, Winarno mengatakan penari Kota Malang harus benar-benar tamil sebaik mungkin. Untuk itu seminggu tiga kali penari-penari asal Kota Malang terus melakukan latihan intensif di Gedung DKM Kota Malang.
“Di Hungaria kami akan tampil di festival internasional World Intercultural Festival, karena itu kami akan memanfaatkan sebaik-baiknya untuk mempromosikan Kota Malang sekaligus membawa tari Mak Edrek go Internasional,” tegas Winarno.

Untuk bisa tampil mengesankan di Hungaria, Winarno menjelaskan, Malang Dance Company akan membawa penari yang cukup. Melihat empat tari yang akan dibawakan di Hungaria rencananya akan dibawa 10 penari dari Kota Malang. (cah/dmb)

0 comments:

Post a Comment