Thursday, August 2, 2012

Punden Mojorejo

Napak tilas menyelusuri khazanah situs purbakala yang terserak di seantero Malang Raya semakin mempertebal kecintaan pada kawasan ini. Malang Raya sudah tercatat dalam sejarah sejak 1250 tahun yang lampau dimulai pada masa kejayaan Kerajaan Kanjuruhan diteruskan dengan Kerajaan Singosari. Keadaan sejumlah situs purbakala beraneka ragam. Beberapa situs purbakala tampak masih relatif utuh dan terawat namun banyak juga yang kini hanya tersisa sebagai reruntuhan dalam kondisi memprihatinkan.
Salah satu cagar budaya di Kota Batu yang belum banyak dikenal oleh masyarakat luas adalah Situs Mojorejo. Masyarakat sekitar menyebut tempat ini Punden Mojorejo. Ada beberapa akses jalan menuju ke tempat ini. Bagi anda yang berangkat dari arah Malang setelah sampai di pertigaan Pendem beloklah ke arah kanan.



Sebelum jembatan Sungai Brantas beloklah ke kiri. Ikuti terus jalan aspal sejajar dengan aliran Brantas  sejauh sembilan ratus meter. Lokasi situs berada di sebelah kiri jalan.  Di bawah pohon rindang di tempat ini kita temui susunan balok batu andesit. Menilik bentuknya beberapa bagian merupakan fragmen kaki candi. Ada bebatuan terjepit dililit oleh akar pohon.





Usaha ekskavasi yang dilakukan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan Jawa Timur tahun silam masih terlihat bekas-bekasnya berupa galian di bagian utara tumpukan batu yang hingga saat ini belum ditimbun kembali. Sisa-sisa balok batu ini bagaikan puzzle yang jauh dari lengkap, mungkin mustahil untuk dipertautkan lagi sehingga dapat dilihat bentuk asalnya. Namun bagaimana pun keadaannya, situs ini adalah jejak-jejak peradaban masa lampau yang tetap harus dikenal, dipelihara dan dilestarikan.

 
                Lokasi  :
Dukuh Kajang, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu
Buka :
setiap hari
Tarif masuk :
-
Fasilitas :
-
Rute menuju ke Situs Mojorejo :
Dari Kota Malang :

Jalan Raya Malang-Batu – Pertigaan Pendem ­(pilih arah ke kanan) –
sebelum jembatan Sungai Brantas belok kiri –ikuti jalan aspal sejajar
Sungai Brantas sejauh 900 meter ke arah Dukuh Ngukir Desa Torongrejo (lokasi berada di kiri jalan)
Dari Kota Batu :
Jalan Raya Batu-Malang – Pertigaan sebelum Warung Mojorejo(Desa Mojorejo) pilih arah ke kiri – ikuti terus jalan aspal sejauh 700 meter ke arah Dukuh Ngukir Desa Torongrejo
(lokasi berada di kiri jalan)

Sumber: http://pesonamalangraya.com/?p=672

0 comments:

Post a Comment