Monday, January 2, 2012

Libur Panjang Sekolah Wisata Wendit Panen Pengunjung

Libur panjang bagi siswa sekolah setelah mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS), yang bertepatan dengan Hari Natal dan Tahun Baru, sejumlah tempat wisata di wilayah Kabupaten Malang panen pengunjung. Sehingga tempat-tempat wisata sejak libur sekolah dipadati pengunjung, yang tidak hanya datang dari wilayah Malang Raya, namun juga datang dari berbagai daerah di Indonesia.
Seperti tempat wisata legenda yakni Wisata Wendit Water Park (W3P) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yang berada di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, sejak tanggal 25 Desember 2011 dipadati pengunjung. Dan jumlah pengunjung saat liburan sekolah pada akhir tahun ini rata-rata mencapai 5 ribu hingga 7 ribu per hari. Padahal, pada hari-hari biasa jumlah pengunjung hanya mencapai 200 orang. "Sedangkan ramainya pengunjung yang berwisata di W3P ini hingga 1 Januari 2012 atau sebagai puncak liburan," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Wendit Sunarko, Kamis (29/12), kepada Bhirawa.

Dalam musim libur sekolah pada tahun ini, jelas dia, pihaknya jauh-jauh hari telah mempersiapkan beberapa program acara untuk menghibur para pengunjung W3P. Hal itu kami lakukan agar para mengunjung tidak hanya menikmati wisata air saja. Tapi, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas wahana yang dimiliki W3P. Diantaranya, water boom, perahu, pusaran air, fliying fox, kolam renang air tumpah khusus untuk anak-anak, dan kolam renang dewasa.
Selain itu, lanjut Sunarko, pengunjung juga dihibur live musik dangdut serta tari ular. Sedangkan hiburan tersebut untuk memberikan kepuasan pada para pengunjung ketika berada di area Wisata Wendit Water Park. Dia menerangkan, wisata Wendit ini basic awalnya yaitu wisata air, karena di area wisata memiliki 12 sumber air yang kapasitas debit cukup besar. "Dengan besarnya sumber air tersebut juga dimanfaatkan PDAM Kota Malang untuk mendistribusikan air bersih pada pelanggan, tentunya masayakat Kota Malang," terangnya.

Yang dimaksud Wisata Wendit sebagai wisata legenda, ia melanjutkan, yaitu sumber air utama yang ada didalam area wisata itu telah diyakini beberapa masyarakat memiliki kekuatan spiritual. Sehingga sumber air utama bisa untuk menyembuhkan beberapa penyakit, dan bahkan ada masyarakat yang mengatakan bahwa air sumber itu bisa untuk awet muda. Namun, yang tak kalah menariknya, di area Wendit juga terdapat ratusan kera sebagai penunggu tempat wisata tersebut.
"Sejak jaman penjajahan Belanda, Wisata Wendit ini sudah terkenal yang tidak hanya di Indonesia, namun juga terkenal diberbagai negara. Seperti Belanda, Jerman, Amerika, Singapura, dan Malaysia," papar Sunarko.
Ia menambahkan, pengelola W3P mematok harga tiket masuk (HTM) sebesar Rp 10.700 untuk orang dewasa sekali masuk area Wisata Wendit, dan untuk HTM anak-anak Rp 5.700 per orang. Dari HTM tersebut, itu sudah termasuk karcis Palang Merah Indonesia (PMI) sebesar Rp 500, dan biaya asuransi Rp 200. Kepala UPTD Wendit menegaskan, target pengunjung dalam waktu sepekan, dari tanggal 25 Desember 2011-1 Januari 2012 bisa mencapai 25 ribu-30 ribu orang pengunjung.

Ditempat yang sama, salah satu pengunjung Wisata Wendit Water Park asal Kota Tegal, Jawa Tengah (Jateng) Debby Angga Conita mengemukakan, bahwa setiap liburan sekolah dirinya menyempatkan berwisata ke Wisata Wendit ini, sebelum melanjutkan wisata ke tempat yang lainnya. Sebab, di area Wisata Wendit ini auranya sangat berbeda dengan tempat wisata yang lainnya, sehingga ketika saya berada di Malang jika tidak ke tempat Wisata Wendit rasanya kurang afdol. "Dan saya juga selalu mandi di sumber air utama, yang diyakini banyak orang untuk memberikan awet muda," ujarnya.[cyn]

Sumber: http://www.harianbhirawa.co.id

0 comments:

Post a Comment