Sunday, January 1, 2012

Jalan Anjasmoro segera 'Disulap' menjadi Kampung Kuning (Kuliner dan Industri Griya)

Untuk menambah obyek wisata di wilayah Kepanjen, direncanakan Jalan Anjasmoro akan segera dirombak menjadi Kampung Kuning lho....

Kampung Kuning bukan berarti kampung ini nanti dimiliki oleh sebuah partai politik ^^, atau lokasi dengan cat serba berwarna kuning, tapi nama ini adalah akronim dari Kampung Kuliner dan Industri Griya.

Direncanakan semua rumah di Jalan Anjasmoro nantinya dibuka stand yang menjual makanan khas Kepanjen, dan juga berbagai macam oleh-oleh khas Malang, seperti pernak-pernik dan kerajinan tangan.

Dan stand ini benar-benar dimiliki oleh warga setempat 100%. Tidak ada investor, karena pada dasarnya warga yang berkumpul inilah yang masih mempunyai inisiatif bagaimana caranya sebuah daerah tetap menjadi milik warga setempat, bukan menjadi milik pengusaha dari luar kota.

Pemikiran ini hanya pemikiran beberapa warga, semoga bisa disambut semua warga. Sebab, untuk apa di sebuah wilayah berdiri mall, swalayan, restaurant, atau tempat-tempat transaksi lainnya, bila yang memiliki adalah orang luar kota bahkan orang luar negeri, dan orang asli hanya menjadi pekerja atau buruh saja. Kapan kita akan bisa memiliki kota kita dan negara kita sendiri ? Inilah yang menjadi salah satu alasan berdirinya kampung kuning ini.

Untuk mematangkan rencana ini, hari Minggu sore, 20 November 2011 lalu, warga setempat sempat melaksanakan musyawarah di Santana Hotel, yakni kediaman Pak Amin yang merupakan salah satu warga dari Jalan Anjasmoro.

Musyawarah ini dihadiri langsung oleh Bpk. Djayusman, dari Dinas Pariwisata Kabupaten Malang. Hadir juga Pak Lurah Kepanjen, Bpk. Yoyok, Pak Ketua RW, Pak Ketua RT, dan beberapa perwakilan Warga dari Jalan Anjasmoro.

Dinas Pariwisata Kabupaten Malang sangat mendukung rencana ini. Bahkan Pak Djayusman mengatakan pihaknya siap membantu pendanaan dan permodalan, sampai konsultan mengenai jenis masakan, jajanan, desain tempat dan tata letak, sampai warga benar-benar bisa bekerja dan menghasilkan. Termasuk promosi ke berbagai dinas di wilayah Kepanjen, termasuk Agen Wisata agar memasukkan Kampung Kuliner menjadi daftar kunjungan para wisatawan.

Wah, luar biasa... Semoga rencana ini bisa segera terwujud. Dan Kampung Kuning bisa menjadi jujukan Wisatawan yang akan berkunjung ke Malang Selatan, Amiin... InsyaALLAH... [R3Y]

0 comments:

Post a Comment