Thursday, August 2, 2012

Candi Karangbesuki

Tumpukan balok batu dikelilingi struktur pondasi setinggi 30 centimeter teronggok sepi merana di sudut timur laut pemakaman Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Jaraknya sekitar enam kilometer di sebelah barat pusat kota Malang atau sekitar satu kilometer di sebelah utara Candi Badut. Perdu yang mengelilinginya semakin mengisolasi reruntuhan ini dari dunia ramai.
Onggokan bebatuan ini diam, membisu, seolah-olah tidak bertutur dan bersaksi apa-apa.


Sebenarnya dalam kesendiriannya balok-balok batu ini adalah reruntuhan candi Hindu peninggalan Kerajaan Kanjuruhan yang telah berumur hampir 13 abad. Dulu waktu ditemukan kaki candinya masih ada. Di sekitarnya ditemukan Yoni dan arca Ganesha, sedangkan arca Agastya serta fragmen batu-batu candi bagian atas ditemukan tidak jauh dari lokasi candi ini. Dilihat dari bentuk hiasan serta gaya arca-arcanya, Candi Karangbesuki diduga sezaman dengan Candi Badut. Prasasti Dinoyo bait ke-4 menyebutkan dibangunnya sebuah tempat suci untuk memuliakan Resi Agastya yang berguna sebagai tempat menghilangkan penyakit dan malapetaka. Dengan demikian tempat ini tentunya tempat untuk keselamatan. Sedangkan kata ”Karangbesuki” artinya adalah ”daerah/ tempat keselamatan”. (referensi : papan keterangan Situs Candi Karangbesuki).


Lokasi  :
Jalan Candi VI C , Dukuh Gasek, Kelurahan Karangbesuki
Kecamatan Sukun, Kota Malang
Buka :
setiap hari
Tarif masuk :
-
Fasilitas :
-
Rute menuju ke Candi Karangbesuki :
Dari Kota Malang :

Rute sama dengan tujuan ke Candi Badut.
Dari Jalan Candi V D ke utara – perempatan terus sekitar 400 meter –
pertigaan pilih arah kiri – SDN Karangbesuki III – di depannya ada pemakaman – letak candi ada di sudut timur laut kompleks makam

(Transportasi umum dari Kota Malang : mikrolet trayek Arjosari-Tidar turun pojok Jl. Himalaya berjalan ke arah utara sejauh 1300 meter)
Dari Kota Batu : jarak 21 kilometer
Rute sama dengan tujuan ke Candi Badut.
Perempatan 200 meter sebelum Candi Badut pilih arah ke kiri sejauh 400 meter –
pertigaan pilih arah kiri – SDN Karangbesuki III – di depannya ada pemakaman – letak candi ada di sudut timur laut kompleks makam

(Transportasi umum dari Kota Batu tidak ada)

Источник: http://pesonamalangraya.com/?p=148

0 comments:

Post a Comment