Friday, January 27, 2012

Taman Agro Wisata Wonosari

Lawang, LP. Taman Agro Wisata Wonosari yang berada di lereng gunung Arjuno ini hampir sudah dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat di Jawa Timur, khususnya untuk masyarakat Lawang, Malang dan Surabaya yang seringkali menggunakan tempat ini untuk berbagai keperluan, misalnya seminar, workshop perkantoran dan juga untuk berwisata menikmati pemandangan perkebunan yang berhawa sejuk dingin dan panorama alam pegunungan yang sangat mempesona.

Fasilitas yang disediakan juga sudah cukup memenuhi persyaratan layaknya tempat peristirahatan, walaupun masih dirasa masih sangat sederhana, antara lain bungalow, wisma, kamar, restorasi, tempat untuk pertemuan, tempat untuk berkemah dan kolam renang dengan harga yang sangat terjangkau. Panorama alam pegunungan dengan aroma khas teh serta hawa yang sejuk akan sangat terasa bagi pengunjung agro wisata ditempat ini, karena ketinggian tempat ini antara 950 sampai 1250 meter diatas permukaan air laut sehingga kelembab annya mencapai 60-70% siang dan 80-90% dimalam hari.

Permasalahan yang dirasa kurang menyenangkan adalah akses jalan dari Lawang menuju lokasi pariwisata ini yang terlalu sempit dan masih memerlukan perbaikan disana-sini, karena merupakan satu satunya jalan yang beraspal. Sedangkan jalan yang melalui Singosari masih sangat jelek kondisinya. Agro wisata yang mengenakan 10% pajak perhotelan dan restoran ke Pemerintah Kabupaten Malang ini sesungguhnya sangat memerlukan penyempur naan akses jalan yang lebih baik agar tamu meningkat yang juga akan meningkatkan penerimaan pajak bagi Pemerintah Kabupaten Malang. Apalagi bilamana jalan dari arah Desa Toyomarto Kecamatan Singosari diperbaiki dan ditingkatkan, maka besar kemungkinan Agro Wisata Wonosari ini akan semakin mudah mendapatkan pengunjung baik wisman domestik maupun mancanegara.

0 comments:

Post a Comment